Selasa, 01 Maret 2011

REncana Pelaksanaan pembelajaran SMP kelas IX D Materi kondisi perkembangan negara di dunia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTS                             : SMP 1 Kaliwungu Kudus
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester                        : IX D
Alokasi Waktu                        : 2 x 30 menit
A.    Standar Kompetensi
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perang dunia II ( termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
Indikator
1.      Mengidentifikasi perang dunia II di Asia Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia
2.      Menjelaskan pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan ekonomi, sosial, dan pergerakan kebangsaan Indonesia
C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat memahami proses terjadinya perang dunia II di Asia Pasifik
2.      Siswa dapat memahami  pendudukan militer Jepang di Indonesia
3.      Siswa dapat menguraikan kebijakan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia
4.      Siswa dapat mengidentifikasi pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan ekonomi Indonesia
5.      Siswa dapat mengidentifikasi pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan sosial Indonesia
6.      Siswa dapat mengidentifikasi pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan pergerakan kebangsaan Indonesia
D.    Materi Pembelajaran
1.      Perang Dunia II di Asia Pasifik serta pendudukan Militer Jepang di Indonesia
Perang dunia bukan hanya terjadi di Eropa, ketika perang berkobar di kawasan Eropa, Jepang berusaha mengambil alih wilayah jajahan bangsa-bangsa barat di Asia. Jepang berusaha menguasai wilayah Asia Pasifik, kawasan China, serta asia tenggara, termasuk Indonesia di dalamnya.
Perang pasifik dimulai dengan penyerangan Jepang terhadap pangkalan angkatan laut Amerika di pearl harbour, Hawaii pada tanggal 7 Desember 1941. Kemudian Jepang melanjutkan penyerbuan ke lapangan terbang Clark Field dan Lapangan Iba di pulau Luzon Filiphina pada tanggal 10 Desember 1941, setelah itu menduduki P. Hainan, Hongkong, dan Bangkok, serta Malaysia dan Singapura.
Pada tanggal 11 Januari 1942, Jepang telah mencapai Indonesia. Jepang pertama kali mendarat di Tarakan di Kalimantan Timur dan berhasil mendudukinya. Setelah dikuasainya Tarakan, maka disusul menguasaan di daerah lain seperti Balikpapan, Pontianak, Samarinda, dan Banjarmasin. Setelah itu Jepang mulai menyerang pulau Jawa. Pasukan Belanda tidak dapat  menahan serangan Jepang tersebut. Padahal sebelumnya sekutu telah membentuk ABDACOM (American-British-Ducth-Australia Command) yang bermarkas di Lembang, namun tidak dapat mencegah serangan Jepang. Pada tanggal 5 Maret 1942 Jepang berhasil manguasai Batavia. Akhirnya pada tanggal 8 Maret 1942, Letnan Jenderal H. Ter Poorten, panglima Angkatan Perang Hindia Belanda menyerah yanpa syarat kepada Letnan Jenderal Immamura di Kalijati.
2.      Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia
Prioritas kebijakan – kebijakan yang dibuat oleh Jepang yaitu:
a.       Menghapuskan pengaruh-pengaruh Barat dikalangan rakyat Indonesia
b.      Menggerakkan rakyat Indonesia demi kemenangan Jepang dalam perang Asia Timur Raya.
Kebijakan pemerintah Jepang antara lain dalam bidang pemerintahan yaitu pengekangan politik serta mobilisasi pemuda. Dari kebijakan-kebijakan tersebut mempengaruhi berbagai bidang antara lain di bidang politik, ekonomi, militer dan social budaya.

E.     Metode dan Model Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, Talking Friend,

F.      Langkah-langkah Pembelajaran
no
Kegiatan pembelajran
Waktu
Metode
1
Kegiatan pembuka
·        Memberi motivasi siswa untuk tetap semangat dalam melaksanakan pembelajaran
·        Meminta siswa untuk menyediakan atlas/ mengambil atlas di perpustakaan
·        Menjelaskan standar kompetensi, kompetensi dasar, serta tujuan pembelajaran yang akan disampaikan
·        Menyempaikan peta konsep materi

10’

Ceramah
Tanya jawab
2
Kegiatan inti
a.       Eksplorasi
·         Menyuruh siswa agar mencari sumber-sumber lain yang relefan
·         Melakukan Tanya jawab dengan siswa tentang materi yang akan diajarkan
b.      Elaborasi
·         Guru menunjukkan gambar-gambar yang berhubungan dengan materi Perang Dunia II
·         Guru menjelaskan materi sesuai dengan kompetensi dasar yang ada
·         Menjelaskan materi disertai penjelasan tentang daerah yang disebutkan dalam materi menggunakan atlas yang telah disiapkan sebalumnya
·         Memancing siswa untuk bertanya jika ada yang belum dipahami
·         Guru memberikan kuis disertai permainan agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran
c.       Konfirmasi
·         Memberikan umpan balik
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil oksplorasi dan elaborasi siswa
·         Memberikan motivasi dengan memuji hasil evaluasi belajar siswa

40’


Ceramah





Ceramah













Talking friend
3
Kegiatan penutup
a.       Membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan
b.      Menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

10’

Ceramah

G.    Sumber Belajar
1.      Yasin, M dkk. 2007. IPS Terp[adu Untuk SMP kelas IX. Jakarta: Ganeca Exact.
2.      Sutarto, dkk. 2008. IPS Untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Depdiknas.
H.    Penilaian
a.       Teknik Evaluasi
Tanya jawab langsung
b.      Bentuk Instrumen
Soal jawaban singkat
c.       Lembar penilaian
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Total nilai
1
2



















Keterangan
1.      Keaktifan siswa
2.      Kualitas jawaban

Total nilai =  jumlah skor
                                              2

Kudus, Agustus 2010
Mengetahui,                                                                         
      Guru Pamong                                                                                Praktikan


   Dra. Heni Hartanti                                                                  Fajar Purwo Kinasih
NIP. 19641002 199802 2 002                                                                 NIM. 3101407068

Tidak ada komentar:

Posting Komentar