Selasa, 01 Maret 2011

RPP SMP kelas VII materi proses kebangkitan nasional


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTS                             : SMP 1 Kaliwungu Kudus
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester                        : VIII C/1
Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi
Memahami proses kebangkitan nasional
B.     Kompetensi Dasar
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya diberbagai daerah.
C.     Indikator
Mendeskripsikan proses masuknya bangsa barat ke Indonesia serta kebijakan VOC di Indonesia
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mendeskripsikan proses masuknya bangsa barat ke Indonesia
2.      Siswa dapat menganalisis kebijakan-kebijakan VOC di Indonesia.
E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian kolonialisme dan imperialisme
·      Kolonialisme
Kolonialisme berasal dari kata “colonus” yaitu nama seorang petani. Kemudian istilah ini diberikan pada para petani Yunani yang pindah dari negerinya yang tandus dan pindah ke daerah lain yang lebih subur. Para colonus tetap menjalin hubungan dengan negara asalnya, tapi oleh negara asal (induk) daerah tadi dianggap sebagai bagian dari negara induk dan harus tunduk pada negara asal (mother land). Dari sinilah muncul awal penjajahan (imperialisme).
Jadi kolonialisme adalah suatu sistem pemukiman warga suatu negara di luar wilayah induknya atau negara asalnya. Biasanya daerah koloni terletak di seberang lautan dan kemudian dijadikan bagian wilayah mereka.
·      Imperialisme
Berasal dari kata latin “imperare” yang artinya menguasai. Orang yang menguasai disebut imperator yang berarti raja atau penguasa. Imperium adalah daerah yang dikuasai imperator. Imperator menguasai bangsa yang mendiami wilayah imperium dengan alasan agar mereka merasa lebih aman atau lebih sejahtera. Jadi imperialisme adalah suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lain. Penjajahan dilakukan dengan jalan membentuk pemerintahan jajahan atau dengan menanamkan pengaruh dalam semua bidang kehidupan daerah yang dijajah. Walaupun kolonialisme dan imperialisme berasal dari kata dan pengertian yang berbeda namun dalam prakteknya berarti satu yaitu penjajahan oleh bangsa satu terhadap bangsa lain. Kolonialisme lebih diartikan pada proses pembentukan atau penguasaan wilayah, sedangkan imperialisme lebih diartikan pada praktek penjajahannya.
Pada umumnya imperialisme dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu imperielisme kuno dan imperialisme modern. Perbedaannya adalah:
no
Perbedaan
Imperilisme kuno
Imperialisme modern
1
Waktu
sebelum revolusi industri (abad 18)
Terjadi setelah revolusi industry
2
Tujuan
Glory (mencari kejayaan), Gold (mencari kekayaan),  Gospel (menyebarkan agama kristen)
Mencari daerah baru untuk : tempat mencari bahan
mentah/baku industry, pemasaran hasil indutri, tempat penanaman modal


2.      Masuknya kekuatan barat dan berkembangnya kolonialisme dan imperialisme barat di Indonesia.
Latar belakang pelayaran orang-orang Eropa ke dunia timur dimulai dengan peristiwa dikuasainya kota Konstantinopel (ibukota Romawi Timur) oleh bangsa Turki dalam Perang Salib (1095-1291) membawa perubahan besar bagi bangsa Eropa. Kesultanan Turki melarang orang Kristen membeli rempah-rempah dari Konstantinopel yang waktu itu menjadi satu-satunya pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa. Hal inilah yang akhirnya memaksa orang-orang Eropa untuk berlayar ke dunia timur dengan tujuan mencari sendiri pusat rempah-rempah dunia.
Selain latar belakang di atas ada juga beberapa faktor yang mempercepat keinginan dari bangsa Eropa untuk mengadakan pelayaran samudera, yaitu:
ü  Keinginan untuk membuktikan teori Copernicus (heliosentris)
ü  Keinginan untuk membuktikan teori Galileo Galilei yang menyatakan bahwa bumi itu bulat
ü  Keinginan untuk membuktikan kisah perjalanan Marcopolo dalam bukunya “Imago Mundi” yang menceritakan keajaiban dan kemakmuran di dunia timur (Cina)
ü  Ditemukannya kompas sebagai alat penunjuk arah dalam perjalanan
ü  Adanya semangat penaklukan (reconquista) terhadap orang-orang Islam di seluruh dunia.
Negara-negara yang mempelopori penjelajahan samudera adalah Portugis dan Spanyol, pada awalnya mereka berseteru memperebutkan jalur pelayaran, namun kemudian Paus Yullis II turun tangan dan tercapailah suatu  kesepakatan yaitu Perjanjian Tordesillas yang disepakati tanggal 7 Juni 1494 yang membagi dunia di luar Eropa menjadi duopoli eksklusif antara Spanyol dan Portugal sepanjang suatu meridian 1550 km sebelah barat kepulauan Tanjung Verde ( lepas pantai barat Afrika ), sekitar 39°53'BB. Wilayah sebelah timur dimiliki oleh Portugis dan sebelah barat oleh Spanyol.
Setelah perjanjian Thordesillas (1492) pelaut-pelaut Portugis di bawah pimpinan Bartholomeus Diaz mencoba mencari jalan keluar untuk menemukan dunia timur (pusat rempah-rempah). Namun pelayarannya Bartholomeus Diaz hanya sampai di ujung Afrika Selatan (1496). Hal ini disebabkan oleh besarnya gelombang ombak Samudera Hindia, sehingga kapal-kapal yang dibawa oleh Bartholomeus Diaz tidak berhasil melewatinya. Oleh Bartholomeus Diaz tanjung itu dinamakan Tanjung Pengharapan (Cape og Good Hope atau Tanjung Harapan sekarang). Pada tahun 1498, raja Portugis mengirim ekspedisinya di bawah pimpinan Vasco da Gama. Ekspedisi ini berhasil mendarat di Kalkuta (India) pada tahun 1498. Kemudian pada tahun 1511 dari India bangsa Portugis mengirim ekspedisinya di bawah pimpinan Alfonso d’Alburquerque, mengikuti perjalanan para pedagang Islam. Pada tahun 1511 itu juga Portugis berhasil menduduki Malaka, pusat perdagangan Islam di Asia Tenggara. Kemudian Portugis tiba di Ternate (Maluku) tahun 1512. Untuk menyelesaikan pertikaian kedua bangsa kulit putih itu, Paus turun tangan dan pada tahun 1512 dilakukan Perjanjian Saragossa (Zaragoza). Isi perjanjian itu antara lain:
1)      Bumi ini dibagi atas dua pengaruh, yaitu pengaruh bangsa Spanyol dan Portugis.
2)      Wilayah kekuasaan Spanyol membentang dari Mexico ke arah Barat sampai ke kepulauan Filipina dan wilayah kekuasaan Portugis membentang dari Brazillia ke arah timur sampai ke kepulauan Maluku.
Masa ketika negara-negara Eropa melakukan perjalanan ke dunia timur dikenal dengan sebutan abad penjelajahan samudera. Negara-negara yang mempeloporinya adalah Portugis dan Spanyol. Berikut tokoh-tokohnya :
Portugis :
ü  Bartholomeus Diaz (sampai ujung selatan Afrika 1486)
ü  Vasco da Gama ( sampai India 1498)
ü  Alfonso d’ Albuquerque ( sampai Malaka 1511, Maluku 1512)
Spanyol :
ü  Colombus (penemu jalan ke Amerika, mendarat di kepulauan Bahama dan Haiti 1492)
ü  Hernando Cortez ( ekspedisi Meksiko 1485 – 1547)
ü  Magelhaenz (pengeliling dunia pertama 1519 – 1522)
Negara-negara Eropa yang lain seperti Inggris, Perancis, Belanda dll akhirnya mengikuti jejak Portugis dan Spanyol mengadakan penjelajahan samudera. Akibat penjelajahan samudera adalah:
ü  Ditemukannya benua baru oleh bangsa Eropa, seperti Amerika, Australia.
ü  Munculnya penjajahan yang dirasakan oleh bangsa pribumi
ü  Pengenalan budaya barat kepada penduduk asli
3.      Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia
Secara umum kedatangan bangsa barat di Indonesia dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan mendesak mencari rempah-rempah, yang kemudian diikuti oleh mencari kejayaan dan menyebarkan agama (Glory, Gold, Gospel). Bangsa-bangsa barat yang pernah menjajah Indonesia antara lain : Spanyol, Portugis, Inggris, Perancis (tidak langsung), Belanda. Spanyol masuk dari Filipina ke Maluku (Tidore) tahun 1521, Portugis masuk Indonesia dari Malaka ke Maluku (Ternate) 1512. 
Belanda masuk ke Indonesia pada tahun 1596 dengan mendarat di Banten dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Di Indonesia mereka mendirikan VOC (1602) dengan tujuan membentuk sebuah wadah bagi kongsi-kongsi dagang belanda yang berada di wilayah Indonesia, selain itu juga untuk menghindari persaingan antara kongsi-kongsi dagang tersebut.  Setelah hamper 200 tahun berkuasa, akhirnya VOC mengalami kemunduran dan kebangkrutan. Sebab-sebab dibubarkannya VOC antara lain: banyaknya biaya perang yang dikeluarkan untuk mengatasi perlawanan penduduk, banyak pegawai VOC yang korupsi, serta timbulnya persaingan dengan kongsi-kongsi dagang yang lain. VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799. Setelah dibubarkannya VOC kemudian pemerintahan diambil alih oleh pemerintah hindia belanda.

4.      Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial.
a.       Kebijakan bidang ekonomi
Sejak tahun 1602, Belanda memiliki suatu serikat dagang yang merupakan hasil penyatuan beberapa serikat dagang Belanda yang bernama VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie). Untuk memperkuat kedudukannya, pemerintah Belanda memberikan hak-hak istimewa yaitu:
·         Hak monopoli dagang
·         Hak membuat dan mencetah uang
·         Hak membentuk tentara
·         Hak menyatakan perang ataupun membuat perjanjian
Dengan hak-hak tersebut, VOC memiliki kekuasaan seperti sebuah Negara. Mereka dapat bertindak bebas tanpa harus konsultasi lebih dulu dengan pemerintah Belanda di negeri induk.
b.      Kebijakan bidang politik
Perluasan politik VOC pada umumnya dilakukan dengan perjanjian-perjanjian yang mengikat. Perjanjian ini dicapai setelah ada konflik, baik antara VOC dengan penguasa setempat, antarpenguasa (salah satu penguasa kemudian meminta bantuan VOC), atau antara VOC dan serikat dagang Eropa lainnya.
c.       Kebijakan bidang sosial budaya
Karena adanya gaya hidup yang berlebihan pada para pegawai VOC, maka Gubernur Jenderal Jacob Mossel mengeluarkan Reglement Terbeteugeling van Pracht en Praal yang terdiri dari 12 pasal (124 ayat) pada tanggal 30 Desember 1754 yang mengatur sampai sekecil-kecilnya urusan berpakaian, pemilikan kereta, budak, dan sebagainya.
F.      Metode dan Model Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, couple competition,

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
no
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Metode
1
Kegiatan pembuka
·        Memberi motivasi siswa untuk tetap semangat dalam melaksanakan pembelajaran
·        Menjelaskan standar kompetensi, kompetensi dasar, serta tujuan pembelajaran yang akan disampaikan
·        Menyampaikan peta konsep materi

10’

Ceramah
Tanya jawab
2
Kegiatan inti
a.       Eksplorasi
·         Menyuruh siswa agar mencari sumber-sumber lain yang relefan
·         Melakukan Tanya jawab dengan siswa tentang materi yang akan diajarkan
b.      Elaborasi
·         Guru menjelaskan materi sesuai dengan kompetensi dasar yang ada
·         Memancing siswa untuk bertanya jika ada yang belum dipahami
·         Menentukan pasangan untuk dijadikan kelompok (setiap kelompok terdiri dari 2-3 orang)
·         Guru membagikan soal yang telah disiapkan
·         Mencocokan/mengoreksi jawaban siswa oleh teman/pasangan/kelompok yang lain
c.       Konfirmasi
·         Memberikan umpan balik
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
·         Memberikan motivasi dengan memuji hasil evaluasi belajar siswa

50’


Ceramah






Ceramah





Couple competition
3
Kegiatan penutup
a.       Membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan
b.      Menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

10’

Ceramah

H.    Sumber dan media Belajar
1.      Kurnia, Anwar dan Moh. Suryana. 2007. Sejarah SMP kelas VIII. Jakarta: Yudistira.
2.      Umasih, dkk. 2007. IPS Terpadu Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Depdiknas.
3.      Sutarto, dkk. 2008. IPS Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Depdiknas.
4.      Internet
5.      peta
I.       Penilaian
a.       Teknik Evaluasi
diskusi
b.      Bentuk Instrumen
Soal
c.       Lembar penilaian
No
Nama
Nilai












         Kudus, 1 Oktober 2010
Mengetahui,                                                                         
      Guru Pamong                                                                                Praktikan


   Dra. Heni Hartanti                                                                  Fajar Purwo Kinasih
NIP. 19641002 199802 2 002                                                                 NIM. 3101407068


Kerjakan soal dibawah ini dengan menjodohkan dengan jawaban yang telah tersedia!!
Kata colonialisme berasal dari kata (1)…………. Yaitu nama seorang petani Romawi. Sedangkan imperialisme berasal dari kata (2)…………… yang artinya (3)…………………….. . imperialisme dibagi menjadi dua yaitu (4)……………………… dan imperialisme modern
Imperialisme kuno berlangsung sebelum adanya revolusi Industri dengan tujuan (5)………………………… Gold berarti mencari kekayaan, glory berarti (6)………………………… dan gospel berarti  menyuebarkan agama (7)……………sedangkan imperialisme modern berlangsung setelah revolusi Industri dengan tujuan mencari daerah baru untuk tempat mencari bahan mentah/baku industry, pemasaran hasil indutri, tempat penanaman modal.
Latar belakang pelayaran orang Eropa ke wilayah timur adalah jatuhnya kota (8)………………... yang juga disebut kota (9)……………. ke tangan Turki Ustmani dalam perang salib.  Kesultanan turki melarang orang Kristen membeli rempah-rempah di Konstantinopel yang pada saat itu merupakan pusat perdagangan di Eropa. Hal inilah yang memaksa orang-orang Eropa harus mencari sendiri pusat rempah-rempah di dunia timur.
Negara yang mempelopori penjelajahan samudera adalah (10)…………………. Kedua negara ini pada awalnya berseteru tentang masalah penjelajahan samudera. Namun akhirnya paus Yullis II turun tangan dan tercapailah suatu kesepakatan yaitu (11)………………….. yang membagi dunia di luar Eropa menjadi duopoli eksklusif antara Spanyol danPortugal sepanjang suatu meridian 1550 km sebelah barat kepulauan Tanjung Verde (lepas pantai barat Afrika), sekitar 39°53'BB. Wilayah sebelah timur dimiliki oleh Portugis dan sebelah barat oleh Spanyol.
Pada tahun 1511 portugis berhasil menduduki malaka, dan meneruskan pelayaran ke Maluku. Disana mereka bertemu lagi dengan Spanyol dan terjadi pertikaian lagi, kemudian untuk menyelesaikan pertikaian tersebut, mereka mengadakan perjanjian lagi yaitu (12)……………….
Diantara bangsa-bangsa Eropa yang pernah menjajah Indonesia antara lain Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris dan Perancis. Belanda pertama mendarat di Indonesia pada tahun 1596 yang dipimpin oleh (13)………………. Dan untuk menghindari persaingan antara para pedagang Belanda dibentuklah (14)………………….. yang merupakan singkatan dari (15)………………..
A.    Konstantinopel
B.     Menguasai
C.     VOC
D.    Portugis dan Spanyol
E.     Imperialisme kuno
F.      Colonus
G.    Perjanjian saragosa
H.    Vereenigde Oost Indische Compagnie
I.       Mencari kejayaan
J.       Perjanjian linggarjati
K.    Imperare
L.     Cornelis De Houtman
M.   Yerusalem
N.    Kristen
O.    Perjanjian Tordesillas
P.      Gold, glory dan gospel


Jawaban:
1.      F
2.      K
3.      B
4.      E
5.      P
6.      I
7.      N
8.      A
9.      M
10.  D
11.  O
12.  G
13.  L
14.  C
15.  H


Tidak ada komentar:

Posting Komentar